10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Kota tegal memang kota yang indah untuk dikunjungi sekedar berkunjung ke tempat wisata alamnya ataupun mencicipi makanan khas tegal yang sangat enak. Tegal dikenal dengan bahasanya yang khas, mungkin jika anda mendengar kata tegal anda akan langsung berpikir pada warteng (warung tegal). Disini kami akan membahas tentang tempat wisata alam di tegal yang sangat indah dan sayang jika anda lewatkan.

  1. Air Terjun Kali Wadas

10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Air terjun yang belum memiliki nama ini bisa kita temukan di kali wadas, atau cabang dari sungai gung yang arusnya dibagi dari bendungan danawarih. Air terjun ini bukan air terjun alami. Namun keberadaannya cukup menarik minat warga sekitar atau wisatawan local.

Tinggi air terjun ini sekitar 3-4 meter dengan lebar sekitar 3 meter. Debit air terjun akan semakin besar ketika memasuki musim penghujan. Pemandangan di sekitar air terjun ini masih terlihat inda dan alami, masih banyak pepohonan dan perbukitan yang menjulang tinggi. Terlebih jika kita berjunjung pada pagi hari, udara terasa sejuk dan hal yang menarik lainnya adalah aktifitas warga sekitar sungai dan sawah.

Sebagai informasi, mobil belum bisa melalui jalan yang menuju air terjun ini apabila melalui jalur dari tikungan patung GBN Lebaksiu. Jika menggunakan sepeda motor juga harus tetap hati-hati karena jalanan yang rusak dan banyak truk yang berlalu-lalang disekitar jalan tersebut. Namun hal tersebut akan langsung terbayar jika sudah sampai ke air terjun ini.

  1. Bukit Baper

10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Bukit baper sebenarnya memiliki kepanjangan dari batursari perkemahan, ini berlokasi tepat diperbatasan kabupaten tegal dan brebes tepatnya didaerah bumijawa (kab. Tegal) dan sirampong (kab. Brebes). Jadi lokasi bukitnya ada di brebes namun pemandangannya kea rah bumijawa, kabupaten tegal persis. Sehingga itulah alasan kami memasukan ke daptar temapat wisata alam di tegal.

Bukit dengan ketinggian sekitar 1200-an mdpl ini menjadi hits dikalangan para wisatawan tegal dan brebes karena pemandangannya yang sangat indah. Karena selain kita berada dihamparan bukit yang luas, sejauh mata memandang akan terlihat pepohonan dan rumah-rumah penduduk yang akan terlihat kecil dari atas. Jika beruntung kita bisa melihat bumijawa tertutup awan. Ada juga yang menyebutnya negeri sepantaran awan. Tak hanya itu, ada juga gardu pandang yang terbuat dari bamboo yang bisa digunakan untuk berfoto-foto. Namun harus antri dan tetap berhati-hati. Terlebih jika weekend, tempat ini ramai penuh dikunjungi wisatawan. Haraga tiket masuknyapun sangat murah sehitar 6.000 rupiah sudah termasuk parker kendaraan anda. Silahkan berkunjung dan rasakan sendiri keindahan bukit baper ini.

  1. Bukit Bintang Guci

10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Belum ada nama-nama khusus untuk spot ini, warga sekitar hanya menyebut bukit dengan kebun teh”an. Namun kenapa dinamakan bukit bintang? Merujuk dari bukit bintang di kota lain yang bisa melihat keindahan kerlipan lampu rumah penduduk dari atas bukit, bukit yang masih berada di desa guci, kecamatan bumijawa, kabupeten tegal juga menawarkan pengalaman yang hampir sama. Namun bedanya tempat ini masih terbilang sunyi dan jauh dari polusi udara, polusi suara, maupun polusi cahaya. Sehingga dengan mudah kita bisa melihat kerlipan bintang dan lampu-lampu rumah penduduk yang terlihat indah dari atas bukit.

Setiap arah mata angina, menawarkan view yang berbeda. Jika melihat ke arah utara, terlihat wilayah bumijawa hingga kota tegal. Diarah timur, sunrise dan perkampungan penduduk yang masuk ke dalam desa guci. Sebelah selatan akan tampak kegagahan gunung slamet. Dan sebelah barat sendiri akan terlihat deretan perbukitan. Siang hari bisa melihat perbukitan dan gunung slamet. Silahkan kunjungi bukit bintang guci ini dan nikmati keindahan pemandangannya.

  1. Bukit Cepu

10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Bukit ini namanya menjadi terkenal setelah kedatangan presiden kita Bpk. SBY saat ia masih menjadi presiden Indonesia tepatnya pada tanggal 21 februari 2013. Bukit ini  berlokasi di dusun krajan, desa batumirah, kecamatan bumijawa, kabupaten tegal, atau sekitar 24 km ke selatan dari pusat kabupaten tegal. untuk menuju tempat ini tidak cukup mudah karena hanya ada jalan setapak yang menanjak. Sehingga seluruh kendaraan diparkir  dibawah bukit cepu ini.

Ada semacam anak tangga dari tanah yang berjumlah 950 buah. Jadi siapkan tenaga dan bekal ekstra. Jalan yang relative sulit akan terbayar jika sudah sampai di bukit cepu tersebut, rasa lelah akan segera terobati karena keindahan alam dan kesegaran udaranya.

  1. Bukit Rangkok Pagerwangi

10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Ada spot satu lagi yang kini sedang hits di tegal,yaitu batu ancik atau bukit rangkok namanya yang masuk ke dalam wilayah desa pagerwangi, kecamatan balapulang, kabupaten tegal.terletak 2,5 KM ke barat dari desa kalibakung atau 4 KM ke timur dari desa banjarayar. Bukit bebatuan dengan beberapa ilalang dipuncak bukitnya, menawarkan pemandangan menakjubkan seperti view persawahan, gunung slamet, atau untuk menikmati momen sunrise dan sunset juga bisa dilakukan ditempat ini. Terlebih jika cuaca sedang bersahabat.

Sebagai informasi, di bukit rangkok inilah kita bisa mendapatkan view gunung slamet yang begitu jelas dan masih dalam zona aman tentunya. Ada dua buah puncak bukit disini, bukit pertama memiliki kontur yang datar, sedangkan bukit kedua relative landau dan bukit ini yang memiliki view bagus. Bukit ini memiliki ketinggian sekitar 384 mdpl. Sehingga pendaki pemulapun bisa menjelajahi tempat ini, namun harus tetap waspada jika menjelajahi tempat ini terutama pada musim hujan.

  1. Curug Cantel Bumijawa

10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Air terjun ini berlokasi di pedukuhan kalipedes, desa sigedong, kec. Bumijawa, kabupaten tegal ini lokasinya cukup sulit dijangkau. Karena memerlukan tracking yang cukup panjang denganmenyusuri sungai dan bebatuan yang cukup besar. Kita diharuskan tracking sejauh kurang lebih 400 meter dari jalan raya dengan melawan arus sungai.

Medan tracking ditempat ini cukup unik, karena kita akan berjalan diantara dua sisi bukit yang dipisahkan oleh sebuah sungai kecil. Air terjun atau curug cantel ini memiliki ketinggian sekitar 60 Meter. Jadi bisa dibayangkan betapa tingginya air terjun ini, perjalanan yang sangat panjang akan terbayar tuntas oleh indahnya curug cantel ini. Tetap hati-hati dan utamakan keselamatan anda.

  1. Curug Gung

10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Ini salah satu curug yang mudah diakses, karena satu paket dengan wisata pemandian air panas guci yang paling tersohor di kabupaten tegal, lokasinya persis bersebelahan dengan pancuran 13. Jadi curug ini menjadi salah satu lokasi fevorit selama berada di guci.

Curug gung memiliki ketinggian sekitar 6 meter dengan debit air yang cenderung deras namun masih dikategorikan aman untuk berada di curug tersebut selama tidak sedang terjadi hujan pada hulu sungai gung. Air terjun yang turun dari atas curug ini bisa menjadi sarana pijat refleksi oleh wisatawan. Air yang jatuh dari atas seakan membantu melemaskan otot-otot yang tegang. Jadi tidak heran jika kita harus sedikit bersabar bergantian menikmati curug tersebut dari dekat. Terutama pada musim liburan.

  1. Curug Jedor

10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Konon, nama curug ini diambil dari nama kepala desa yaitu lurah jedor. Namun jangan dilihat dari namanya sederhana, namun curug ini tidak boleh dilihat sebelah mata loh. Curug yang berada sekitar 1 KM dari puncak 13 pemandian air panas guci ini memiliki pemandangan yang indah. Lokasinya cukup tersembunyi namun mudah dijangkau. Bisa diakses dengan menggunakan mobil pribadi, sepedah motor, bahkan berjalan kaki sekalipun.

Karena mudahnya akses, ada 3 rute yang bisa diambil, yaitu via guciku, wahana guci (wagu), atau lewat pancuran 13. Tinggal pilih. Namun lebih disarankan untuk memilih jalur wagu, karena pemandangannya lebih indah dan jalannya juga cocok untuk trekking. Sembari berolahraga dan tentu saja udara sejuk akan kita dapatkan. Jika lewat jalur ini, kita akan menemukan dua curug sekaligus yaitu curug kaliawu.

Sebenarnya untuk masuk ke lokasi ini gratis, namun jika musim liburan, dikenakan  biaya sekitar Rp. 5.000, cukup murah bukan? Curug ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter, sehinga percikan airnya sanggup memecahkan keheningan suasana alam di guci.

  1. Curug jejeg

10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Curug jejeg merupakan nama panggilan dari curug yang memang belum bernama ini. Curug yang bersumber dari kali sier ini terletak di desa jejg, kecamatan bumijawa, kabupaten tegal, sebuah tempat yang tak jauh dari jalan utama desa jejeg. Ada dua rute, rute batuagung (via Banjaranyar)dan rute bumijawa (via yomani-kalibakung).

Rute dari batuagung memang tidak terlalu sulit arahnya, namun jalan yang dilewati relatif rusak. Sehingga memakan waktu yang lebih lama. Sedangkan via bumijawa, jika ke kiri kearah guci, kearah desa muncanglarang-jejeg. Nantinya anda akan melewati sulaku bumijawa park, ke barat hingga menemui SMP N 1 Bumijawa hingga desa muncanglarang. Sebelum gerbang desa jejeg, ada sebuah jembatan, nah biasanya kendaraan roda dua di parkir dekat sini. Kemudian berjalan kea rah selatan melalui arus kali sier, tidak sampai 10 menit anda sudah sampai ke curug jejg. Sehingga bisa disimpulkan jika dari sulaku jaraknya sekitar 5 KM sehingga cukup dekat.

  1. Curug Kaliawu

10 Tempat Wisata Alam Di Tegal Yang Sangat Indah

Curug kaliawu merupakan salah satu curug mini yang ada di komplek perhutani guci. Kenapa dikatakan mini? Karena arusnya tidak begitu besar namun meskipun mini, tinggi curug ini sekitar 7 meter. Jadi air yang keluar seperti air yang mengalir dari keran air. Meskipun mini namun tetap menarik untuk dikunjungi. Selain airnya dingin dan udaranya sejuk, background pemandangan curug kaliawu ini adalah hutan pinus yang menjulang tinggi. Tebing curug ini berbentuk cerukan setengah lingkaran, sehingga kita seakan dikepung oleh bukit.

Hal yang khas dari curug ini adalah memiliki bekas warna jingga pada dinding bukitnya. Hal ini dikarenakan air dari curug ini mengandung belerang walau tidak sebanyak yang ada di pemandian air panas guci. Air di dalam kolamnya pun tidak dalam hanya di bawah lutut orang dewasa saja, karena tidak dalam maka kita bisa melihat secara langsung bebatuan yang ada di dasar air.

Itulah tadi 10 tempat wisata alam di tegal yang sangat indah. Sebenarnya tidak hanya 10 namun banyak sekali tempat wisata yang terdapat di kota tegal ini. Anda bisa mengunjungi salah satu dari 10 tempat wisata alam tersebut atau mungkin semuanya anda jelajahi. Libur panjang bisa anda manfaatkan untuk mencoba wisata itu semua. Anda juga bisa melihat 10 tempat wisata di tegal yang wajib anda kunjungi. Semoga anda tertarik untuk mengunjungi salah satu tempat wisata yang ada di tegal.