Daftar Makanan Oleh-Oleh Khas Tegal Yang Wajib Di Coba, Murah Meriah

Oleh-oleh merupakan salah satu yang dinanti oleh keluarga di rumah ketika kalian berpergian. Dan setiap daerah pasti memiliki makanan khas yang menjadi oleh-oleh ketika berkunjung ke daerah tersebut, termasuk di Kota Tegal. Tidak hanya makanan khasnya saja yang wajib dicoba tapi oleh-olehnya juga. Berikut ini daftar makanan oleh-oleh khas Kota Tegal :

  • Manisan Cerme

Cerme merupakan buah yang mirip belimbing namun ukurannya lebih kecil dengan rasa yang asam. Oleh masyarakat tegal buah ini dijadikan manisan, yang diberi nama manisan cerme. Rasa asam pada buah ini berubah menjadi manis setelah di rendam dengan air gula dan manjadi manisan yang enak untuk dijadikan oleh-oleh. Harganyapun cukup terjangkau hanya 6rb an per bungkusnya.

  • Kacang Bogares

Kacang Bogares merupakan suatu olahan kacang tanah yang digoreng menggunakan pasir dengan wajan yang besar. Cara menggoreng dengan pasir inilah yang membedakan kacang tanah goreng pada umumnya. Tidak hanya caranya saja yang beda, melainkan juga rasanya yang khas. Rasanya gurih dan memiliki wangi yang khas. Oleh-oleh ini juga bersahabat dengan kantong, hanya di jual 10rb an per bungkusnya.

  • Pilus Kletuk

Oleh-oleh yang murah selanjutnya yaitu pilus kletuk. Pilus ini hampir sama dengan pilus pada umumnya terbuat dari tepung sagu dan telur. Akan tetapi ada yang membedakannya yaitu di tambah dengan irisan lembut daun kucai dalam adonannya. Daun kucai ini sama dengan daun bawang. Sehingga menghasilkan rasa yang enak, gurih, asin, dan aroma sedap daun kucai. Pilus Kletuk ini di jual per kilonya dengan harga 30rb.

  • Latopia

Latopia merupakan kue yang hampir mirip dengan bakpia yang ada di Yogyakarta. Yang membedakannya yaitu bentuknya kotak dan lebih besar dari bakpia. Kue ini juga memiliki isian yang sama seperti bakpia, diantarnaya keju, coklat, susu, kacang hijau, durian, kentang hitam, dll. Kita akan lebih kenyang saat makan latopia ini. Makanan ini tahan di simpang selama 3 hari dalam suhu ruangan.

  • Kerupuk Antor

Makanan oleh-oleh yang satu ini terbuat dari bahan singkong. Singkong yang dihaluskan kemudian diuleni dan di iris tipis-tipis kemudia di jemur hingga kering. Setelah kering kemudian di goreng. Cara menggorengnya sama seperti kacang bogares yaitu menggunakan waja besar dan pasir. Sehingga rasanya khas dan tidak berlemak. Kerupuk ini biasanya dijual dalam rasa oiginal dan di tambah serbuk cabai.

  • Kue Kamir

Kue ini bentuknya mirip dengan dorayaki, yang di buat dari campuran tape singkong, tepung terigu, gula, dan susu. Harganya cukup murah, biasanya di jual 1rb an di pinggir-pinggir jalan kota tegal.

  • Tahu Aci dan Tahu Pletok

Kedua makanan ini sama-sama berbahan dasar tahun dan tepung aci. Yang membedakan yaitu bentuk dan cara makan. Tahu aci sendiri teksturnya kenyal, renyah, gurih, biasanya dimakan dnegan cabe rawit hijau. Sedangkan tahu pletok ukurannya lebih melebar dibanding tahu aci dan cara makannya bisanya menggunakan sambal kecap. Keduanya enak dimakan saat kondisi masih hangat.

  • Olos

Olos merupakan salah satu gorengan juga yang menjadi makanan oleh-oleh khas tegal. Makanan ini terbuat dari adonan aci yang berbentuk bulat dan dalamnya di isi dengan sayuran kol, tauge, sawi, serta cabai yang sudah dihaluskan. Rasa dari makanan ini yaitu gurih dan pedas, biasanya dijual 1rb an.

Itulah beberapa daftar makanan yang menjadi oleh-oleh khas Kota Tegal. Jalan lupa untuk mencobanya kalo sedang berkunjung ke kota tegal. Semoga bermanfaat yaa…