Industri Ikan Asin Khas Tegal / Kota Slawi

Industri Ikan Asin Khas Tegal

Tegal merupakan salah satu kota yang terdapat dijawa tengah, Banyak orang mengenal tegal melalui istilah “Warteg” atau warung tegal. Karena warung makan uang menawrkan aneka meni dan rames dengan harga yang terjangkau. Perlu anda ketahui bahwa tegal tidak hanya terkenal dengan warung makanya, Namun kabupaten tegal ternyata juga memiliki indstri ikan asin yang dapat menopang roda perekonomian daerah setempat.

Kondisi geografis tegal memang terbilang unik,  Daerah tegal terbagi menjadi 2 bagian pegunungan dan setengahnya daerah pantai.  Tegal memiliki banyak potenisi bisnis yang mulai dikembangkan menjadi industri, seperti industri rumah tangga, industri pengecoran dan pengerajin logam, tekstil dan shuttlecock, serta industri pengolahan hasil ikan yang dikembangkan dikawasan tegal barat.

Ikan asin Tegak

Industri ikan dilakukan oleh para nelayan yang rata-rata mendapatkan tangkapan sekitar 20 ton perkapal,  Selain melakukan tangkapan ikan ada juga industri pengerigan ikan. 2 industri ini saing berkolaborasi untuk menghasilkan ikan asin yang unggul dan sukai konsumen.

Manfaat Ikan Asin

Industri ikan asin banyak diekspor keluar kota seperti Jakarta, Bandung, Tasikmalaya dan juga luar jawa. Karena ikan asin juga dibutuhkan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan makan pemasaran semakin luas. Manfaat ikan asin sendiri sangat banyak seperti, Sebagai lauk-pauk, baik untuk kesehatan gigi dan tulang, menjaga kesehatan tubuh, Mencegah kanker dan jantung, Meningkatkan daya tahan tubuh anak dan balita.

Kota Indsutri Ikan Asin Yang Bermutu dan Berkualitas Tinggi

Kota Tegal ditetapkan sebagai salah satu kota percontohan dalam upaya peningkatkan konsumsi ikan masyarakat dan peningkatkan mutu ikan yang sampai ke konsumen. Kepala Dinas Kelautan dan Pertanian Kota Tegal Noor Fuady mengungkapkan, Kota Tegal menjadi kota percontohan dalam program Fisheries and Aquaculture for Food Security in Indonesia (FAFI). Program ini merupakan kerja sama Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia dengan Pemerintah Belanda melalui Centre for Development Innovation (CDI). Kota Tegal dipilih sebagai kota percontohan bersama Cirebon dan Muara Angke, Jakarta

Tidak hanya ikan saja namun juga banyak industri lainya yang berkembang di kota tegal,  Banyak orang memberikan julukan kota tegal sebagai jepangnya indonesia, Karena perkembangan industri diwilayan tegal sudah berkembang cukup pesat.  Semoga informasi ini bisa memberikan tambahan bagi para pembaca dan menginspirasi seluruh masyarakat indonesia. Maju Terus UKM Tegal dan Salam Sukses Selalu.!