Glotak Yu Iyah – Kuliner Khas Kota Tegal, Kuliner Paling Laris Manis,

Glotak Khas Tegal

Glotak, Merupakan kuliner khas tegal yang belum banyak dikenal orang, Namun laris manis, Kok bisa..? Pastinya temen-temen baru mendengarnya bukan.. Mari kita simak..

Glotak merupakan makanan khas tegal yang saat ini sedang populer, Makanan ini dapat temen – temen temukan di Jalan Hangtuah Tegal,  Dijual pada sore hari Jam 4 Sore, Namun satu jam setalah buka biasnya sudah mulai habis.

Bahan Dasar Glotak,

Kuliner yang satu ini banyak diminati masyarakat setempat karena rasanya yang pedas, gurih, dan dipadukan dengan beberapa potongan tulang ayam dan sapi, atau tetelan. Yang menjadikan makanan ini unik adalah menggunakan bubur sehingga rasa gurihnya semakin kuat. Namun untuk temen-temen yang mencoba tidak harus menggunakan bubur bisa request hanya Glotaknya saja.

Glotak memiliki rasa yang kaya. Makanan berbahan dasar tempe gembus ini bercita rasa gurih dan pedas. Sedikit manis, tapi lebih dominan rasa gurih.Memasak glotak tidaklah sulit. Kamu tinggal menyiapkan tulang sapi atau ayam, yang dalam bahasa setempat biasa disebut balungan. Tulang-tulang tersebut lalu direbus hingga menghasilkan kaldu. Nah, kaldu itulah yang kemudian dimasak bersama gambus atau dalam bahasa Jawa Timur disebut menjes.

Masyarakat setempat biasanya menikmati glotak bersama kerupuk antor, camilan kriuk yang juga merupakan makanan khas Tegal. Rasa kerupuknya gurih sehingga cocok menemani glotak yang juga punya rasa gurih dan pedas.

Makanan yang terlihantanya sederhana, namun rasanya jangan ditanyakan,  untuk itu kami sarankan apabila temen-temen sedang berkunjung ke Tegal, Sempatkanlah berburu kuliner ini, Supaya nggak menyesal begitu sudah pulang. Ada beberapa tempat yang kami rekomendasikan untuk temen-temen kunjungi di antaranya Pasar Langon, kompleks Pasar Legi, dan dekat Hotel Karlita. Selamat berburu glotak,